7 Rekomendasi Wisata Alam Di Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi


Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang terbesar di Indonesia. Dan provinsi tersebut telah menjadi tujuan para turis lokal maupun mancanegara. Ada banyak tujuan wisata di provinsi yang letaknya paling timur dari pulau Jawa yang menarik untuk dikunjungi pada akhir pekan atau long weekend.

Nah, berikut 7 rekomendasi tempat wisata keren dan menarik yang ada di Jawa Timur yang hukumnya wajib dikunjungi kala melancong ke sana!

1. Gunung Bromo


Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi aktif yang ada di Indonesia, tepatnya di Jawa Timur dan meliputi 4 kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Sebagai gunung berapi yang masih aktif, Bromo jadi tujuan wisata terkenal di Jawa Timur dan hampir tidak pernah sepi setiap harinya.

Statusnya yang masih aktif membuat Gunung Bromo jadi lebih menarik di mata wisatawan. Ketinggian Gunung Bromo 2.392 meter diatas permukaan laut dan memiliki bentuk tubuh bertautan diantara lembah dan ngarai dengan di kelilingi kaldera atau lautan pasir luas kurang lebih sekitar 5.300 hektar.

Gunung Bromo terkenal sebagai icon wisata probolinggo paling indah dan paling banyak dikunjungi. Kata “Bromo” berasal dari kata “Brahma” yaitu salah satu Dewa Agama Hindu. Gunung Bromo memang tidak besar seperti gunung api lain di Indonesia tetapi pemandangan Bromo sangat menakjubkan sekali. Keindahan Gunung Bromo yang luar biasa membuat wisatawan kagum.

Dari puncak Penanjakan pada ketinggian 2.780 m, wisatawan bisa melihat matahari terbit di Wisata Bromo. Pemandangan yang indah membuat banyak wisatawan ingin mengabadikan momen berharga ini.

2. Pantai Pasir Putih Situbondo


Pantai Pasir Putih Situbondo merupakan sebuah pantai yang terletak di Selat Madura dengan pasir putih bersih yang membentang di sepanjang bibir pantai. Pantai ini sangat populer bagi masyarakat Jawa Timur hal itu dikarenakan wisata ini menawarkan sejuta panorama yang menakjubkan. Ketika berkunjung ke wisata ini wisatawan akan menjumpai warna warni koral dan ikan ikan lucu yang berkerumun di terumbu karang.

Ombak nya yang tenang memberikan pesona tersendiri dan memungkinkan wisatawan untuk ber-eksplorasi melihat lihat pemandangan di bawah laut. Di sekeliling pantai ini terdapat pepohonan yang rimbun. Sehingga wisatawan yang berkunjung pada siang hari dapat berteduh di rimbun nya pepohonan ini.

Pada saat musim liburan, di wisata Pasir Putih ini sering diadakan berbagai macam event, mulai dari konser musik, lomba perahu, memancing dan lain lain.

3. Wisata Pantai Balaikambang


Pantai Balekambang, adalah salah satu obyek wisata pantai yang bisa di kunjuni di Malang. Pantai ini terletak di kecamatan Bantur, 65 Km sebelah selatan kota Malang. Pantai Balekambang terbentang dengan sangat indah dimana terdapat karang laut sepanjang 2 km dan memiliki lebar 200 meter ke arah laut.

Terdapat 3 pulau yang terdekat dengan dengan pantai ini, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas pulau Ismoyo, terdapat sebuah Pura megah yang bernama Pura Luhur Amertha Jati, dan sebuah jembatan yang menghubungkannya melalui pantai utama Balekambang.

Pada bulan Suro, pantai Balekambang akan lebih ramai dari biasanya karena akan digelar upacara Surohan dan upacara Jalanidha Puja.

Untuk mencapai pantai Balekambang, bisa melalui kecamatan Gondanglegi dan kecamatan Bantur, dilanjutkan ke desa Srigono atau melalui kecamatan Kepanjen, yang semua bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi, baik motor ataupun mobil.

4. Ranu Kumbolo


Siapa yang tidak mengenal wisata ranu kumbolo? Wisata yang satu ini cukup populer semenjak penayangan film 5 cm.

Wisata Ranu Kumbolo ini sebenarnya merupakan satu kawasan dengan gunung Semeru. Bagi anda yang menyukai wisata alam, destinasi Ranu Kumbolo ini tidak boleh untuk anda lewatkan.

Pesona alamnya yang begitu indah dan masih alami menjadi daya tarik tersendiri yang tidak boleh anda lewatkan. Meskipun anda harus menempuh nya dengan berjalan kaki hingga berjam-jam lamanya, namun semua itu akan terbayar dengan keindahan dari Ranu Kumbolo.

Ranu Kumbolo sendiri sebenarnya merupakan danau gunung yang berada di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Letak dari danau ini berada di Pegunungan Tengger, tepatnya di kaki gunung Semeru.

5. Kawah Ijen Banyuwangi




Kawah Ijen adalah kawah atau danau yang terletak di puncak Gunung Ijen. Wisata Banyuwangi Kawah Ijen ini berada pada ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut. Kawah ini termashur karena fenomena blue fire atau api biru yang muncul pada malam hari, tepatnya dini hari sekitar jam dua sampai dengan pukul empat.

Seperti pada gunung-gunung yang lain, Gunung Ijen juga mengandung belerang yang cukup besar. Belerang yang bercampur dengan gas metana, ditambah dengan dorongan panas dari dalam bumi melalui celah-celah tanah sebesar enam ratus derajat celcius membuat api yang muncul ke permukaan menjadi berwarna biru. Besar kecilnya api biru yang dihasilkan oleh Kawah Ijen ini tergantung dari jumlah belerang yang ada. Semakin banyak belerang, maka nyala api biru semakin besar.

6. Wisata Arung Jeram Songa Probolinggo


Wisata Arung Jeram Songa di Probolinggo Jawa Timur menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang gemar liburan yang menantang dan juga dekat dengan alam. Apalagi di tengah musim penghujan dimana aliran sungai lebih deras dan juga lebih menantang untuk ditaklukkan. Lalu apa saja informasi yang dapat anda catat jika anda tertarik untuk mengunjungi wisata arung jeram yang menantang ini? Berikut beberapa informasi pentingnya.

Wisata arung jeram Songa ini terletak di Kabupaten Probolinggo yakni tepatnya di Dusun Krajan 1, Condong, Gading, Probolinggo Jawa Timur. Sumber airnya sendiri berasal dari mata air Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan sehingga dijamin anda akan menjadi lebih segar setelah mandi dan menantang jalur arung jeramnya. Lebar sungainya rata-rata antara 5 hingga 20 meter dengan kedalaman kurang lebih sedalam 1 hingga 3 meter.

Jarak dari arung jeram ini pun juga terbilang pas untuk berafting ria yakni dari titik start hingga finish yakni kurang lebih sejauh 12 km. Waktu tempuhnya sendiri pun juga cukup untuk dinikmati bersama tim atau keluarga anda yakni selama 3,5 jam dengan 50 jeram yang menantang. Tingkat kesulitannya juga bervariasi mulai dari grade II sampai III+ dengan nama-nama yang unik yakni seperti Batu Jenggot, Tripple Ace hingga Jeram Inul karena anda akan diajak bergoyang seperti Inul.

7. Wisata Telaga Sarangan Magetan


Mampir ke Jawa Timur, kamu bisa jalan-jalan di Telaga Sarangan. Tak hanya bisa melihat sunrise dan danau indah, kamu juga bisa menikmati ragam kuliner enak lho.

Wisata ke telaga tidak kalah seru, wisata alam ini menyajikan keindahan panorama dan ragam fasilitas yang bisa kamu manfaatkan untuk merefresh hari penatmu. Salah satunya ialah Telaga Sarangan, telaga yang berada di lereng Gunung Lawu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Telaga Sarangan Magetan ini memiliki luas sekitar 30 hektar dan memiliki kedalaman hingga 28 meter. Tiap tahunnya, banyak pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi objek wisata alam ini, karena dinginnya udara yang menyejukkan pikiran. 


7 Rekomendasi Wisata Alam Di Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi 7 Rekomendasi Wisata Alam Di Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi Reviewed by Admin on Desember 20, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Subscribe Us

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.