Ingin Jadi Penulis? Inilah 7 Novelis Indonesia Yang Menginspirasi


Menulis merupakan salah satu kegiatan dalam mengungkapkan perasaan, gagasan atau bahkan hanya sekedar sebagai hiburan. Melalui tulisan kita mampu menembus ruang dan waktu. Menuangkan segala ide yang mungkin tidak pernah diterima oleh pandangan orang secara umum. Melalui tulisan kita bebas mencurahkan segala hal. 

Namun tidak jarang dalam proses menulis kita menuai hambatan. Seperti bagimana cara menulis dengan baik dan benar, temanya apa, saya tidak pandai mebuat kata-kata serta berbagai macam pertanyaan lainnya. 

Secara tidak langsung, membaca dan menulis sudah menjadi bagian yang gak terpisahkan dari keseharian kita. Mulai dari sekadar status di sosial media, karya-karya puisi atau cerita pendek yang kita buat story medsos. Nah kan, baru sadar kalau sebenarnya menulis itu mudah. Setiap hari kita sudah melakukan aktifitas itu. 

Sebab aktifitas menulis tidak bisa dipisahkan dengan membaca, kali ini diksionary.com akan mengulas 7 Penulis Novel Indonesia yang mungkin akan menginspirasi kita untuk menjadi penulis seperti mereka. Check it out. 

1. Habbiburahman El Shirazy
Pernah dengar atau menonton film ayat-ayat cinta atau ketika cinta bertasbih? Siapa penulisanya? Ya, dia adalah Habbiburahman El Shirazy, novelis Indonesia yang karyanya banyak difilmkan dengan berjilid-jilid dan menjadi inspirasi bagi penulis indonesia lainnya. 

Karya-karya novelis kelahiran 30 September 1976 tak hanya diminati masyarakat Indonesia saja loh, tetapi juga di mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Hongkong, Taiwan, Australia, dan Komunitas Muslim di Amerika Serikat.

2. Ayu Utami
Justina Ayu Utami atau dikenal dengan Ayu Utami saja merupakan novelis pendobrak kemapanan, khususnya masalah seks dan agama. Setelah lulus dari Fakultas Sastra UI, perempuan kelahiran  21 November 1968 ini mengawali perjalanan karirnya di kepenulisan yaitu menjadi seorang jurnalis. Bahkan, ia juga merupakan salah satu yang ikut mendirikan Aliansi Jurnalis Independen (AJI).
Setelah tidak beraktivitas sebagai jurnalis, Ayu kemudian menulis novel. Novel pertama yang ditulisnya adalah  Saman (1998). Dari karyanya itu, Ayu menjadi perhatian banyak pembaca dan kritikus sastra karena novelnya dianggap sebagai novel pembaru dalam dunia sastra Indonesia. 

Beberapa karya yang populer seperti Saman, Larung, Pengakuan Eks Parasit Lajang dan masih banyak lagi

3. Andrea Hirata
Kalo kita tanyakan ke semua orang pasti sebagian besar tau apa itu Laskar Pelangi. Dan akhirnya dikenallah seseorang yang mengarangnya, dialah Andrea Hirata. Bersamaan dengan munculnya film Laskar Pelangi, nama Andrea Hirata dalam deretan novelis Indonesia kian menjadi perhatian.

Pria kelahiran Gantung, Belitung Timur ini selalu mengusung tema cerita tentang perjuangan anak desa dalam menggapai cita-citanya, utamanya dalam hal pendidikan. 

Diantara karyanya yang populer yaitu novel Laskar Pelangi, Edensor, Maryamah Karpov dan sebagainya.

4. Dewi Lestari
Penulis yang akrab disapa denga Dee patut menjadi inspirasi kita. Betapa tidak, beberapa karya fenomenalnya seperti Perahu Kertas, Novel Series Supernova, sampai dengan yang tidak kalah populer adalah Filosofi Kopi berhasil digarap menjadi film layar lebar. 

Bahkan, kreativitas Dee tidak hanya sampai dalam bidang kepenulisan saja, ia juga menciptakan banyak lagu untuk dijadikan sound track film-filmnya. Mantab kan. 

5. Tere Liye
Meski dikenal dengan kalimat galau dan sangat melow, pria kelahiran 38 tahun silam ini sukses menciptakan lebih dari 20 karya loh. Karya yang sarat akan makna disampaikan dengan gaya yang sederhana kerap membius perasaan pembacanya. 

Beberapa karyanya yang terkenal yaitu Moga Bunda Disayang Allah, Sepotong Hati yang Baru, dan Dikatakan atau Tidak Dikatakan, Tetap Cinta.

6. Pidi Baiq
Sudah nonton film Dilan belum? Kalau belum tapi sudah baca novelnya, Pidi Baiq adalah penulisnya. Pria berusia 45 tahun asal Bandung ini memang dikenal sebagai penulis yang cukup populer. Bukan hanya berkat Dilan. Tapi beberapa karya lainnya juga sukses menjadikannya penulis terpopuler di Indonesia.

Gaya kepenulisan yang jenaka dan kekinian namun mengandung banyak prinsip kehidupan ini menjadi hal yang paling dikagumi oleh pembacanya. Selain dilan, karya populernya yaitu at-Twitter :Google Menjawab Semuanya Pidi Baiq Menjawab Semaunya dan Drunken Molen : Kumpulan Kisah Tidak Teladan.

7. Raditya Dika
Buat yang sering menonton stand up comedy pasti tidak asing lagi dengan laki-laki kocak bernama Raditya Dika. Pria kelahiran Jakarta, 28 Desember 1984 ini awalnya hanya iseng menulis di blog pribadi. Hingga kemudian ditawari menulis novelnya sendiri, sampai menulis dan bermain di film miliknya sendiri. 

Siapa sangka, sampai saat ini, komedian yang sering nongol di tv ini ternyata telah menulis 8 buku. Diantaranya yaitu Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh, Cinta Brontosaurus, Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa, Babi Ngesot: Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang, Marmut Merah Jambu, Manusia Setengah Salmon, Koala Kumal, dan juga Ubur-Ubur Lembur. 

Itulah 7 penulis yang mengkin dapat dijadikan inspirasi dalam aktifitas kepenulisan. Jadi, siapa penulis inspirasimu dari ketujuh penulis kondang tersebut dan apa buku buku favoritmu? Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa beri kami masukan di kolom komentar ya...
Ingin Jadi Penulis? Inilah 7 Novelis Indonesia Yang Menginspirasi Ingin Jadi Penulis? Inilah 7 Novelis Indonesia Yang Menginspirasi Reviewed by Admin on Desember 03, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Subscribe Us

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.