Melihat Sekilas Proyek Bojonegoro Citimall


Baru-baru ini mencuat rame di perbincangan masyarakat Bojonegoro menyoal pembangunan mall pertama di kota yang sedang menjadi sorotan dunia karena cadangan minyaknya yang melimpah ini. Lantas, berkah desas desus akan dibangun mal di Bojonegoro? Selamat membaca.!

Sebelum jauh membahas proyek Citimall Bojonegoro, baiknya mari kita ulas sedikit tentang Bojonegoro dan Citimall Itu sendiri. 

Bojonegoro adalah kota kecil yang terletak diujung barat provinsi Jawa Timur, walaupun Bojonegoro adalah kota kecil, tapi disini banyak tersimpan hal-hal yang patut untuk dieksplor lebih dalam, baik dari segi sejarah, budaya dan bagaimana masyarakatnya berkembang. Bojonegoro dulu hanyalah kota kecil biasa yang belum punya nama di kancah nasional maupun Internasional. Dulu sebelum ada Sumber Daya Alam berupa migas, Bojonegoro masih sangat bergantung dengan industri di sektor pertaniannya untuk menopang biaya hidup warga Bojonegoro.

Setelah ditemukannya sumber daya alam berupa Migas, wajah Bojonegoro kini semakin berubah. Ekonomi di Kabupaten yang terkenal dengan camilan Ledrenya itu telah memasuki babak baru. Perusahaan minyak dan gas bumi skala internasional, Exxon dan disusul dengan Petrochina yang berdiri lebih dulu memercikkan api-api ekonomi bagi warga Bojonegoro. Keberadaan perusahaan raksasa asal Amerika Serikat tersebut memberi dampak terhadap berdirinya penginapan dan rumah makan. Selain itu, upah minimum regional yang hanya Rp 1,8 juta per bulan mengundang daya tarik investor lain untuk menanamkan modalnya.

Tidak dapat dipungkiri, dari latar belakang inilah tentunya geliat ekonomi di Bojonegoro semakin bertumbuh. Bersamaan dengan eksploitasi Migas di Bojonegoro, hotel berbintang, rumah makan, tempat hiburan pun banyak didirkan. Bahkan, hingga artikel ini ditulis, masih terdapat dua hotel baru yang sedang dalam tahap finishing, yakni hotel Everbright di jalan Ahmad Yani dan Grand Tulip di jalan Veteran.

Terkait pembukaan Citimall Bojonegoro, masih banyak masyarakat yang tahu. Sebab, belum ada sama sekali sosialisasi maupun media yang mengangkat bahasan mengenai proyek ini. Namun, dalam kesempatan ini, diksionary.com mencoba menulis bersumber dari beberapa informasi yang sudah didapatkan. 

Sebenarnya, isu proyek pembangunan citimall sangat senter di Kabupaten Tuban, tetangga Bojonegoro. Mulai dari pembangunan Transmart yang simpang siur sampai akhirnya citimall yang positif akan berdiri di Tuban. Ternyata, bukan hanya di Tuban, proyek citimall juga akan di bangun di Bojonegoro.

Citimall sendiri merupakan proyek yang akan dibangun dan dioperasikan oleh PT. Nirvana Wastu Usaha Karya (NWUK), pengembang asal Jakarta Timur. 

PT Nirvana Wastu Pratama (“NWP Retail”), sendiri merupakan salah satu pengembang pusat perbelanjaan terbesar dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia, dengan Warburg Pincus sebagai co-founder dan salah satu pemegang saham terbesar, mengumumkan telah resmi menyelesaikan proses pendanaan ekuitas dengan total suntikan dana sekitar US$200 juta, dari Korean Teachers’ Credit Union (“KTCU”), CITIC Securities One-Belt-One-Road (“CSOBOR”) Fund dan Warburg Pincus yang nantinya akan digunakan untuk menggarap proyek citimall didaerah. 

Asal tahu, pusat perbelanjaan NWP Retail hadir dalam tiga bendera menurut segmen pasar yang dibidik. Segmen teratas yakni The Park dengan nilai investasi lebih dari Rp 200 miliar. Sementara Citi Mall menyasar segmen di bawahnya dengan investasi kurang lebih Rp 200 miliar. Lalu, segmen terbawah menjadi target Citi Plaza dengan nilai investasi terkecil.

Tak cuma area komersial, NWP Retail mengisi pusat perbelanjaan dengan wahana bermain anak dan bioskop. Dua di antaranya bahkan memiliki hotel, yakni Swiss-Belhotel dan Maqna Hotel.

Dilamar dari situs web remi nwpretail.com, proyek citimall di Bojonegoro sudah masuk dalam list pembangunan. Bahkan, jika pembaca lewat di jalan veteran, progres pembangunan sudah mulai dalam pengurukan tanah.

Dari laman web tersebut, terdapat keterangan resmi dalam bahasa inggris yang sudah penulis terjemahkan, intinya sebagai berikut:

Citimall yang akan dibangun terletak di kabupaten Bojonegoro, provinsi jawa timur. Jaraknya 30 Km ke selatan Tuban dalam waktu 2 jam dan 160 Km ke selatan Surabaya dalam waktu 4 jam berkendara. Total populasi Bojonegoro adalah 1,3 juta, dengan perekonomian berdasarkan 38% pertambangan dan penambangan, pertanian 18%, 9% perdagangan grosir dan eceran. 

Situs terletak di Jl. Veteran, adalah jalan utama kabupaten dengan lalu lintas jalan yang tinggi, dalam waktu 10 menit berkendara. Daerah sekitarnya terdiri dari daerah perumahan setengah padat, rumah sakit, hotel, daerah komersial Terminal Bus seperti shop house dan supermarket lokal.

*Penulis: Arifin
Melihat Sekilas Proyek Bojonegoro Citimall Melihat Sekilas Proyek Bojonegoro Citimall Reviewed by Admin on Desember 19, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Subscribe Us

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.